Pages

Friday 29 October 2010

Model Sistem Umum




Pendahuluan
Menjelaskan apa itu model system umum.

Kutipan

Pembahasan
Model adalah penyederhanaan dari sesuatu yang mewakili sejumlah objekl atau aktivitas yang disebut entitas.
Jenis-jenis model :
1. Model Fisik
Model ini adalah penggambaran entitas dalam bentuk tiga dimensi atau bentuk nyata. Model ini biasanya berupa maket atau prototipe produk yang menggambarkan bagaimana hasil akhir produk tersebut.

2.Model Naratif
Model yang penggambaran entitasnya secara lisan atau tulisan deskriptif.
Model yang digunakan oleh manajer setiap hari

3. Model Grafik
Model yang penggambarannya entitasnya menggunakan sejumlah garis, simbol, atau bentuk disebut model grafik. Model grafik juga digunakan dalam rancangan sistem informasi. Banyak peralatan yg digunakan oleh sistem analis dan programmer yang bersifat grafik, seperti bagan arus (flowchart ) dan diagram arus data (data flow diagram).

4. Model Matematika
Keunggulan dari model ini adalah ketelititannya dalam menjelaskan hubungan antara berbagai bagian dari suatu objek dengan persamaan matematika. Model matematika dapat menangani hubungan-hubungan yang berdimensi lebih banyak daripada model grafik yang dua dimensi ataupun model fisik yang tiga dimensi, hal ini disebabkan oleh sifat model matematika yang multidimensional

Adapun kegunaan dari model tersebut adalah :
1. Mempermudah Pengertian
Suatu model pastilah lebih sederhana dari entitas yang diwakilinya dan entitas akan lebih mudah dimengerti jika elemen-elemen dan hubungannya disajikan dalam bentuk yang telah disederhanakan.

2. Mempermudah Komunikasi
Model dapat mengkomunikasikan informasi secara akurat kepada orang-orang yang telah mengertii makna dari berbagai bentuk, kata-kata, grafik, atau persamaan matematika entitas tersebut.

3. Memperkirakan Masa Depan
Prediksi hanya bisa didapat dari model matematika yang ketelitiannya dalam menggambarkan entitas membuatnya dapat memberikan kemampuan yang tidak dapat disediakan oleh modelmodel yang lain.


SISTEM FISIK
Merupakan sistem terbuka yang berhubungan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya fisik, dimana input datang dari lingkungan perusahaan , terjadi suatu transformasi dan akhirnya output dikembalikan ke lingkungan yang sama.
1. Arus Material
Material input diterima dari pemasok bahan mentah dan komponen rakitan. Material
ini lalu disimpan sampai dibutuhkan dalam proses transformasi.
Material kemudian masuk dalam kegiatan manufaktur, setelah melalui proses
transformasi material yang sudah berubah menjadi barang jadi disimpan untuk
kemudian menjadi output yang disitribusikan ke pasar.
2. Arus Personil
Input personil berasal dari lingkungan, yang biasanya diproses oleh fungsi sumber
daya manusia kemudian ditugaskan ke berbagai area fungsional dimana mereka
terlibat dalam proses transformasi baik langsung maupun tak langsung.
3. Arus Mesin
Mesin-mesin diperoleh dari pemasok dan biasanya berada untuk jangka waktu lama.
Mesin adalah sumber daya yang terlibat secara langsung dalam berbagai bentuk,
input, pemrosesan, dan output.
4. Arus Uang
Uang terutama diperoleh dari pemilik sebagai modal dan dari pembeli yang
memberikan pendapatan penjualan ataupun dari berbagai lembaga yang memberikan
pinjaman dan juga pemerintah.


CONTOH :
Pasar Swalayan
Arus Material : barang – barang yang dijual.
Arus personil : manajer toko, pegawai gudang, kasir.
Sumber daya mesin : lemari pendingin, kotak peraga, rak-rak, dan komputer.
Arus uang : pemasukan terutama disediakan oleh pembeli dan pengeluaran
kepada pemasok , pegawai dan pemilik.
Proses transformasi : pembungkusan barang, mengatur barang di rak.
Elemen manajemen sistem konseptual : manajer toko dan asisten.
Pengolah informasi : komputer dan pembaca barcode serta kasir.

Kesimpulan
Jadi intinya model sistem umum itu adalah bentuk penyederhanaan dari bentuk nyata, agar lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh orang lain. Sistem ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masi.
Masih banyak kekurangan pada tulisan ini. Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca sekalian. Terima kasih.


Sumber

Tuesday 26 October 2010

Perdagangan Elektronik





Pendahuluan
Menjelaskan apa itu perdagangan elektronik.

Kutipan

Pembahasan
Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting.
Adapun beberapa manfaat yaitu :
1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3. pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
Kendala :
1. Biaya tinggi
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.

Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1.Business-to-Customer(B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
2.Business-to-Business(B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Mengumpulkan intelijen bisnis
- Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik:
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringanelektronik.


Penutup
Dengan ditemukannya teknologi jaringan elektronik ini, proses perdagangan dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa harus bertemu dengan langsung. Setiap teknologi pasti mempunyai suatu keuntungan dan kerugian. Sebelum menggunakan teknologi ini ada baiknya berkosultasi kepada ahlinya.
Masih banya kekurangan yang terdapat pada tulisan ini. Penulis mengharapkan saran dari para pembaca sekalian. Terima kasih.


Sumber
  1. http://betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/.../BAB+6+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik.doc

EDI dan IOS




Pendahuluan
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan EDI (Eectronic Data Interchange) dan IOS.

Kutipan

Pembahasan
EDI merupakan mekanisme pertukaran data oleh perusahaan yang dilakukan secara elektronik. Dengan adanya EDI ini, proses bisnis dapat menjadi lebih cepat. Sedangkan kelemahannya adalah implementasi EDI sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Keuntungan dari EDI :
- Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
- Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
- Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
- Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
- Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien.

Adapun kendala-kendala yang ada pada penerapan system ini :
1. Kendala teknis, yaitu yang berhubungan dengan pentransferan data lewat komputer, fasilitas telepon dan biaya untuk pengadaan perangkat komputer.
2. Terbatasnya pihak Bank yang memakai program EDI ini.
3. Belum ada aturan hukum yang mengatur mengenai pemakaian sistem EDI ini.


Komponen yang ada pada EDI :
1. HUB (Pihak yang memberikan perintah)
2. SPOKE (Pihak yang menerima perintah)
3. COMPUTER (sebagai elektronik hardware)
4. Electronik Software


Software OS-EDI yang digunakan :
1. Bayan Commerce
2. IDX-IDEA
3. NextGen-EDI
4. RAXINC


Standard EDI yang belaku saat ini adalah :
1. SPEC 2000
2. ANSI X12 Standard AS dan Canada
3. EDIFACT (Standard Eropa)
4. IEF


Syarat dapat dilakukannya proses EDI :1. Electronic transaction (merujuk ke format standard internasional)
2. Scope of agreement (electrical supply service in the cooperative)
3. Third-party service provider
4. Electonic transaction menyampaikan ke provider)
5. Privider melanjutkan ke penerima (spoke) dengan merenspon harga dan jumlah barang
6. System operation (merawat dan menjaga system operasional EDI
7. Security Procedures (selalu mengikuti prosedur pelaksanaan untuk menghindari masalah
8. Tanda tangan (signature), berupa pengkodean, menunjukkan identitas
9. Bebas dari computer viruses
10. Data recovery and retention
11. Testing


Transmission EDI (pemancaran EDI) :1. Proper receipt (penyesuaian tanda terima)
2. Verification
3. Responses transaction
4. Transmital yang berlulanga kali


Transaction terms (transaksi EDI) :1. Cooperative CSP tarif
2. Convidentialy
3. Validity (Enforceability)
4. Pihak Hup menyampaikan agreemant ke pihak spoke
5. Pihak spoke Aggrement to executed CSP (Competitive Service Providers)
6. Adanya persetujuan sah


Step proses Proper receipt and Verification EDI :1. Enter claim information (masukkan permintaan data)
2. Enter data and complete instruction.
3. Data akan di ferifikasi (data and/or attachments
4. Transmit Data
5. Retrieve and review reports
6. Prepare and mail attachments with EDI labels


Sedangkan IOS adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.




Manfaat IOS terbagi menjadi dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar menawar.
Efisiensi Komparatif, mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka. Kegiatan Tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk• menyelesaikan perselisihan dengan pemasok san pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar-menawar. Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan menawarkan keistimewaan produk yang unik, dengan mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencarian dan dengan meningkatkan biaya peralihan.
Keistimewaan produk yang unik. Hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pemesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi keistimewaan produk perusahaan, membuatnya lebih menarik daripada produk serupa yangditwarkanpesaing.
Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian. Dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasi produk alternative dan mendapatkan harga terendah. Karena perusahaan itu sendiri adalah pelanggan dan pemasoknya, perusahaan dapat mengalami penurunan biaya berbelanja yang sama ketika memesan dari pemasoknya.
Peningkatan biaya peralihan. Suatu perusahaan ingin agar jika pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan bagi pelanggan sumber daya informasi seperti perangkat keras, perangkat lunak dan saluran komunikasi data yang harus diganti jika produk dibeli dari perusahaan lain.


Penutup
EDI merupakan salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu dalam bisnis, terutama dalam pertukaran-pertukaran data. Karena dengan menggunakan EDI proses pertukaran data lebih cepat. Sedangkan IOS adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal, mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama
Masih banyak kekurangan pada tulisan ini, penulis mengharapkan saran dari para pembaca sekalian.


Sumber

Perkembangan E-Commerce





Pendahuluan

Menjelaskan tentang perkembangan E-Commerce.
Kutipan

Pembahasan

E-Commerce merupakan salah satu teknologi yang berkembang pesat seiring dengan berkembangnya internet didunia. E-commerce merupakan layanan yang berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange). Layanan EDI ini sudah sangat berkembang pesat di Negara-negara yang sudah mempunyai jaringan kamputer dan telepon.

E-commerce mempunyai beberapa jenis, yaitu :
> Business to business (B2B)
Bisnis perusahaan dengan perusahaan lain
> Business to cosumer (B2C)
Retail, sifat melayani pelanggan yang bevariasi
> Cosumer to consumer (C2C)
Sifatnya lelang (action)
> Government : G2G, G2B, G2C
Melakukan layanan terhadap perusahaan sampai kepada konsumen

Manfaat E-commerce :
+ Revenue stream baru
+ Market exposure, melebarkan jangkauan
+ Menurunkan biaya
+ Memperpendek waktu product cycle
+ Meningkatkan customer loyality
+ Meningkatkan value chain


Perkembangan E-commerce di Indonesia telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mall online yang disebut D-Mall. Produk yang dijual di D-Mall ini bermacam-macam, dari makanan, aksesoris, pakaian, produk perkantoran sampai furniture.
E-commerce sebetulnya bias menjadi suatu peluang bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tidak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan jarak yang jauh sehingga e-commerce dapat digunakan secara maksimal. Namun sangat disayangkan karena daya beli masyarakat yang rendah serta infrastruktur komunikasi yang masih tidak merata di daerah-daerah sehingga e-commerce tidak begitu populer.
Hambata dari E-commerce :
> Internet Bust !
+ Tahun 1999 – 2000 bisnis “DOTCOM” menggelembung (bubble)
+ Banyak model bisnis yang belum terbukti namun ramai-ramai diluncurkan. Akhirnya hancur dengan matinya banyak perusahaan dotcom
+ Pengalaman buruk sehingga membuat orang lebih berhati-hati
+ Peluang: membuat model bisnis baru.


> Infrastruktur Telekomunikasi
+ Infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia masih terbatas dan harganya masih relatif lebih mahal
+ Padahal e-commerce bergantung kepada infrastruktur telekomunikasi
+ Peluang: deregulasi, muncul bisnis baru
 
> Delivery Channel
+ Pengiriman barang masih ditakutkan hilang di jalan. Masih banyak “tikus”
+ Ketepatan waktu dalam pengiriman barang
+ Jangkauan daerah pengiriman barang
+ Peluang : pengiriman barang yang terpercaya

> Kultur dan Kepercayaan
+ Orang Indonesia belum terbiasa berbelanja dengan menggunakan catalog
+ Masih harus secara fisik melihat / memegang barang yang dijual
+ Perlu mencari barang-barang yang tidak perlu dilihat secara fisik.

> Kultur dan Kepercayaan
+ Kepercayaan antara penjual dan pembeli masih tipis
+ Kepercayaan kepada pembayaran elektronik masih kurang. Penggunaan kartu kredit masih terhambat
+ Peluang: model bisnis yang sesuai dengan kultur orang Indonesia, membuat sistem pembayaran baru, pembayaran melalui pulsa handphone

> Security
+ Masalah keamanan membuat orang takut untuk melakukan transaksi
+ Persepsi merupakan masalah utama
+ Ketidak mengertian (lack of awareness) merupakan masalah selanjutnya
+ Merupakan topik tersendiri

> Munculnya Kejahatan Baru
+ Penggunaan kartu kredit curian / palsu
+ Penipuan melalui SMS, kuis
+ Kurangnya perlindungan kepada konsumen
+ Hukum? Awareness?
+ Kurangnya kesadaran (awareness) akan masalah keamanan
 
> Ketidakjelasan Hukum
+ Masih belum tuntas status dari
+ Digital signature
+ Uang digital / cybermoney
+ Status hukum dari paper-less transaction
+ Regulasi
 
> Efek terhadap kehidupan
+ Kemajuan teknologi komputer dan komunikasi seharusnya meningkatkan tingkat kualitas hidup kita. Kenyataannya
+ Bekerja lebih panjang
+ Pekerjaan dibawa pulang: no life, single terus
+ Melebarnya jurang si kaya dan si miskin
+ Siapkah kita menghadapi tantangan yang tidak dapat kita hindari?


> Lain-lain
+ Ketidaksiapan institusi finansial
+ Tidak adanya insentif dari Pemerintah
+ Masih kurangnya entrepreneur di Indonesia


Adapun keuntungan utama yang didapat dengan menggunakan teknologi ini adalah open platform yang tidak tergantung kepada satu vendor tertentu, sehingga sistem e-commerce tersebut dapat dikembangkan dengan cepat tanpa terikat dengan satu vendor tertentu. Walapun hingga saat ini belum ada defenisi baku dari e-commerce, beberapa mengatakan bahwa e-commerce adalah website yang digunakan untuk berdagang (semacam storefront), di lain pihak ada menghubungan e-commerce dengan EDI (electronik data interchange) dan seterusnya.
Penutup
E-Commerce merupakan suatu teknologi yang bisa membantu kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya masing-masing. Seperti membeli barang tanpa harus medatangi ketempat tersebut, cukup hanya dengan membuka alamat internet took atau perusahaan tersebut kemudian memesan barang yang ingin dibeli.
Penulis masih sadar banyak kekurangan dalam tulisan ini, penulis mengharapkan saran dari para pembaca sekalian. Terima Kasih.


Sumber :

C B I S

Pendahuluan
Menjelaskan apa yang dimaksud dengan CBIS (Computer Based Information System).

Kutipan

Pembahasan
Sistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Data merupakan deskripsi dari sesuatu dan kejadian yang kita hadapi.Jadi pada intinya, data merupakan kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
Informasi merupakan hasil dari pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berguna bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian nyata dan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk pengambilan suatu keputusan.
Sistem merupakan entitas, baik abstrak maupun nyata, dimana terdiri dari beberapa komponen yang saling terkait satu sama lain. Objek yang tidak memiliki kaitan dengan unsur-unsur dari sebuah sistem bukanlah komponen dari sistem tersebut.
Sistem Informasi merupakan sistem pembangkit informasi. Dengan integrasi yang dimiliki antar subsistemnya,sistem informasi akan mampu menyediakan informasi yang berkualitas, tepat, cepat dan akurat sesuai dengan manajemen yang membutuhkannya.
Sistem Informasi “berbasis komputer” mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu berhubungan dengan istilah “computer-based” atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer.

Usaha penerapan computer dalam bidang bisnis sudah sangat berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi informasi di dunia. Adapun tahap-tahap perkembangannya, yaitu :
  1. Pada awal data (electronic data processing - EDP)
Dengan adanya teknologi punched card dan keydriven bookkeeping machine , dan perusahaan umunya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya.
2. Pada Informasi (management information system – MIS)
Dengan diperkenalkannya alat hitung yang memungkinkan pemrosesan yang lebih banyak dan cepat. Hal tersebut diorientasikan untuk konsep penggunaan computer sebagai sistem informasi manajemen (SIM).
3. Pada pengambilan keputusan (decision support system – DSS)
DSS merupakan hal yang berbeda dari SIM. DSS merupakan sistem penghasil informasi yang ditujukan untuk suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh para manajer.
4 Pada komunikasi (office automation - OA)
OA memudahkan komunikais dan meningkatkan produktifitas para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat kantor. OA telah berkembang meliputi berbagai aplikasi seperti konferensi jarak jauh, voice mail, e-mail, electronic calendaring, facsimile transmission dan desktop publishing.
5. Pada Konsultasi (artificial intelegence / expert system – AI / ES)
Dasar dari AI adalah computer dapat deprogram untuk melaksanakan sebagian penalaran logis yang sama seperti manusia.

Orang orang yang bertanggung jawab dalam pengembangan dan pemeliharaan system berbasis computer, yaitu :
  1. Sistem Analyst
  2. DataBase Administrator
  3. Network Specialist
  4. Programmer
  5. Operator

Berikut ini adalah pengembangan CBIS mengikuti system life cycle :
  1. Tahap Perencanaan
  2. Tahap Analisis
  3. Tahap Rancangan
  4. Tahap Penerapan
  5. Tahap Penggunaan

Penutup
CBIS merupakan suatu system yang membantu manusia dala mengolah data menjadi informasi yang lebih berguna terutama untuk data base dalam perusahaan.

Masih banyak kekurangan dalam tulisan ini, jadi penulis sangat mengharapkan saran dari para pembaca.


Sumber
  1. 203.130.231.110/handouts/S1_Sistem%20Informasi/SIM/SIM%20A.doc
  2. saifulrahman.lecture.ub.ac.id/files/2010/03/Pengelolaan-Informasi.pdf

Monday 11 October 2010

R Programming

Program R merupakan program yang banyak digunakan untuk  lingkungan statistik dan grafik. Aplikasi dalam meteorologi dan klimatologi sangat berguna khususnya dalam verifikasi hasil model.

Download R Programming klik Disini