Pages

Tuesday 26 October 2010

Perdagangan Elektronik





Pendahuluan
Menjelaskan apa itu perdagangan elektronik.

Kutipan

Pembahasan
Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting.
Adapun beberapa manfaat yaitu :
1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3. pengembalian investasi pemegang saham dan pemilik meningkat
Kendala :
1. Biaya tinggi
2. Masalah keamanan
3. Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.

Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
1. Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
2. Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
3. Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :
1.Business-to-Customer(B2C)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
2.Business-to-Business(B2B)
Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik :
- Mengumpulkan intelijen bisnis
- Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)
Strategi perdagangan melalui jaringan elektronik:
Untuk tiap masalah, ada beberapa kemungkinan solusi, dan situasi ini dapat diterapkan untuk permasalahan menentukan strategi terbaik perdagangan melalui jaringanelektronik.


Penutup
Dengan ditemukannya teknologi jaringan elektronik ini, proses perdagangan dapat dilakukan dengan cepat dan tanpa harus bertemu dengan langsung. Setiap teknologi pasti mempunyai suatu keuntungan dan kerugian. Sebelum menggunakan teknologi ini ada baiknya berkosultasi kepada ahlinya.
Masih banya kekurangan yang terdapat pada tulisan ini. Penulis mengharapkan saran dari para pembaca sekalian. Terima kasih.


Sumber
  1. http://betty_yudha.staff.gunadarma.ac.id/.../BAB+6+Perdagangan+Melalui+Jaringan+Elektronik.doc

No comments:

Post a Comment