Pages

Kamis, 05 Mei 2011

Contoh Misi Kesenian Budaya Kita yang Pernah Tampil di Tingkat Internasional

Berikut ini contoh beberapa tim kesenian yang tampil di tingkat Internasional :
1.Kelompok Kesenian Bougenville yang berasal dari Kalimantan Barat diundang ke Madrid, Spanyol. Pada 21 sampai 28 Oktober 2003, kelompok kesenian Bougenville ini tampil untuk mengikuti Festival Asia.
2.Grup seni tradisional Indonesia, Nanglang Danasih, tampil di Roma, Italia. Grup ini tampil dalam acara festival seni internasional dan meraih dua juara.
3.Tim kesenian Sumatera Selatan ke Malaysia. Grup ini tampil dalam acara festival Gendang Nusantara 10-15 April 2003.
4.Tim kesenian Bali ke Chili dan Peru. Dalam rangka memenuhi undangan KBRI Tim dari pulau dewata ini akan menampilkan tari Saman(Aceh), tari Pakarena(Sulawesi) dan sejumlah tari Bali.
5.Tim Kesenian Jaipong dan Rampak Gendang ke Irak. Tim kesenian Indonesia untuk kesekian kalinya tampil dalam Festival International Babylon. Para duta budaya ini mampu membuat para penonton yang memenuhi Teater Babylon yang dapat memuat 15.000 orang, terpesona dengan goyangan para penari jaipong dan bunyi gendang serampak yang dinamis.
6.Sendatari Ramayana tampil di India. Tim kesenian bali ambil bagian dalam memeriahkan festival kebudayaan internasional di India.

Alangkah baiknya jika kita sebagai warga Negara Indonesia sendiri melestarikan budaya-budaya yang ada ini. Supaya tidak punah termakan jaman. Dengan acara seperti ini pun bisa memperkenalkan bahwa budaya Indonesia itu sangat beragam dan banyak ke pada dunia interndasional.

2 komentar: