Pages

Monday 27 September 2010

KOMPONEN – KOMPONEN PENDUKUNG SIM


- Pendahuluan
Disini penulis akan menjelaskan komponen-komponen apa saja yang mendukung dalam Sistem Informasi Manajemen.


  • Kutipan

    • Turban, Mclean dan Wetherbe : 1999
- Pembahasan
Komponen sistem informasi disebut dengan blok bangunan. Macam-macam blok bangunan itu adalah blok masukan, blok model, blok keluaran, blok teknologi, blok basis data dan blok kendali.
Yang pertama adalah Blok masukkan. Yang dimaksud dengan blok masukkan adalah blok yang mewakili semua data yang dimasukkan atau diinput oleh pengguna kedalam system informasi, termasuk diantaranya metode dan media untuk memperoleh data yang dimasukkan atau diinput, yang dapat juga berupa dokumen dasar.
Yang kedua adalah blok model. Yang dimaksud dengan blok model yaitu blok yang terdiri dari kombinasi-kombinasi prosedur, logika dan juga model matematik yang akan memanipulasi atau mentransformasikan data masukan dan data yang tersimpan dalam basis data untuk menghasilkan data yang diinginkan.
Yang ketiga adalah blok keluaran. Yang dimaksud dengan blok keluaran yaitu hasil dari system informasi itu sendiri yaitu berupa data atau informasi yang bermanfaat dan berkualitas.
Yang keempat adalah blok teknologi. Yangdimaksud dengan blok teknologi adalah merupakan kotak alat (tool box) yang ada dalam sistem informasi. Blok tegnologi ini terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu teknisi (brainware), perangkat lunak (software), dan perangkat keras (hardware). Yang dimaksud dengan teknisi disini adalah orang yang mengoperasikan komputer itu sendiri atau yang melakukan inputan /masukan data kedalam komputer. Untuk perangkat lunak atau software adalah aplikasi-aplikasi yang digunakan didalam computer itu sendiri untuk melakukan atau membantu melakukan proses memasukkan data. Sedangkan perangkat keras atau hardware adalah semua alat teknologi masukkan seperti (keyboard, mouse), teknologi keluaran seperti (monitor, printer), Teknologi pemrosesan (CPU), teknologi penyimpanan (semua peralatan yang digunakan untuk menyimpan data), dan teknologi komunikasi (teknologi jarak jauh seperti internet dan ATM).
Yang kelima adalah blok basis data. Yang dimaksud dengan blok basis data adalah semua kumpulan file yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasi sedemikian rupa agar dapat diakses secara mudah dan cepat.
Yang terakhir adalah blok kendali. Yang dimaksud dengan blok kendali yaitu pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang bias merusak sistem dapat dicegah atau bila terlanjur terjadi kesalahan dapat langsung diatasi.
Komponen Fisik meliputi :
a. Perangkat keras:
1) Komputer (CPU, Memory)
2) Pesawat Telepon
3) Peralatan penyimpan data (Decoder)
b. Perangkat lunak
1) Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data
2) Program aplikasi
c. DataBase
1)  File-file tempat penyimpanan data dan informasi
2) Media penyimpanan seperti pita komputer, paket piringan.
d. Prosedur pengoperasian
1)  Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan
2)   Instruksi penyiapan data sebagai input
3)   Instruksi operasional
e. Personalia pengoperasian
1)  Operator
2 ) Programmer 
3)  Analisa sistem
4)  Personalia penyiapan data
5) Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.
Hal-hal yang bisa dikerjakan oleh  sistem  informasi  tentu  saja  terkait dengan kemampuan yang dapat dilakukannya (Turban, Mclean dan Wetherbe : 1999) adalah sebagai berikut :

  • Melaksanakan komputasi numeric, bervolume besar dan dengan kecepatan tinggi.

  • Menyediakan komunikasi dalam organisasi atau antar organisasi yang murah, akurat dan cepat.

  • Menyimpan  informasi  dalam  jumlah  yang  besar  dalam  ruang  yang  kecil  tetapi mudah diakses.

  • Memungkinkan pengaksesan informasi diseluruh dunia dengan cepat dan murah.

  • Meningkatkan  efektifitas  dan  efisiensi  orang-orang  yang  bekerja  dalam  kelompok dalam suatu tempat atau pada beberapa lokasi.

  • Menyajikan informasi yang jelas yang menggugah pikiran manusia.

  • Mengotomasikan  proses-proses  bisnis  yang  semiotomatis  dan  tugas-tugas  yang dikerjakan secara manual.

  • Mempercepat pengetikan dan penyuntingan.

  • Pembiayaaan yang jauh lebih murah daripada pengerjaan secara manual.
- Penutup
Dengan adanya komponen-komponen dalam sistem informasi manajemen seseorang dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan pada saat proses untuk memperoleh data atau informasi yang berkualitas.Masih banyak kekurangan pada tulisan ini, jadi penulis mengharapkan kritik atau saran dari pembaca.


- Referensi

1 comment: