- Pendahuluan
Menjelaskan bagaimana SIM itu diterapkan pada kegiatan Manajemen sehari-hari dan bagaimana bentuk struktur dari SIM.
- Kutipan
- Turban, Mclean dan Wetherbe , 1999
- O’Brien,1996
- Alter,1992
- Gordon, 1999
- Pembahasan
Banyak aktifitas manusia yang terbantu dengan adanya SIM. Ada bermacam-macam kegiatan manusia yang Menggunakan SIM, yaitu :
Sistem Reservasi Pesawat Terbang yaitu memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembelian atau pemesanan tiket pesawat terbang.
Sistem untuk Kredit kendaraan Bermotor : Memudahkan pemantauan atau pengawasan terhadap hutang semua para pelanggan
Sistem Biometrik : Dapat mencegah orang yang tidak mempunyai tanggung jawab masuk kedalam fasilitas-fasilitas rahasia atau informasi-informasi yang bersifat rahasia dengan Menggunakan sidik jari atau yang lainnya
Sistem POS ( Point Of Sale) : Sistem ini banyak diterapkan pada pasar swalayan untuk memudahkan pemasukan data-data
Sistem telemetri atau pemantauan jarak jauh dengan menggunakan gelombang radio, Misalnya untuk mendapatkan Suhu pada suatu tempat
Sistem berbasis kartu cerdas, yang dapat digunakan direktur atau kepala personalia untuk memantau masuk tidaknya karyawan pada saat hari kerja, karena didalam kartu itu terekam data-data mengenai karyawan tersebut
Sistem layanan akademis, memudahkan mahasiswa memperoleh data-data akademis atau mendaftarkan mata kuliah yang diambil
Sistem pertukaran data elektronik (Electronic Data Interchange) yang
memungkinkan pertukaran dokumen antar perusahaan secara electronic, data
yang ada dalam dokumen diproses secara langsung oleh komputer
E-Government atau system informasi layanan pemerintahan yang berbasis internet.
Hal – hal yang dapat dilakukan oleh sistem informasi adalah :
Melaksanakan kegiatan komputasi dengan file yang berukuran besar dan dengan kecepatan yang tinggi.
Menyediakan komputasi dalam organisasi yang murah, akurat dan cepat.
Dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang sangat besar dan dalam ruang yang kecil tetapi dapat dengan mudah diakses
Memungkinkan pengaksesan informasi diseluruh dunia dengan cepat dan murah
Menignkatkan efektifitas dan efisiensi orang-orang yang berkerja dalam kelompok dalam suatu tempat atau beberapa lokasi
Menyediakan informasi yang dapat menggugah pikiran seseorang
Mengotomatisasikan proses-proses bisnis yang semiotomatis dan tugas-tugas yang dikerjakan secara manual
Mempercepat penyuntingan dan pengetikan
Pembiayaan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan manual
Kemampuan – kemampuan ini mendukung sasaran bisnis yang mencakup :
Peningkatan produksi
Pengurangan biaya
Peningkatan pengambilan keputusan
Peningkatan layanan kepada konsumen
Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang lainnya
Sistem Informasi mempunyai 3 struktur yang berdasarkan kegiatan manajemen, fungsi organisasi dan secara konseptual dan fisik.
Struktur sistem informasi berdasarkan kegiatan manajemen. Kegiatan manajemen dibagi menjadi tiga, yaitu control operasional, control manajemen dan perencanaan strategi. Kontrol operasional adalah proses penempatan kegiatan operasional yang dilakukan secara efektif dan efisien. Pengolahan untuk pengendalian operasional didukung oleh pengolahan transaksi, pengolahan laporan, dan pengolahan pertanyaan. Ketiga pengolahan tersebut berisikan berbagai macam pembuatan keputusan yang melaksanakan aturan keputusan yang telah disetujui atau menyajikan suatu keluhan yang mengeluarkan akan diambil.
Struktur sistem informasi berdasarkan fungsi organisasi. Setiap infomasi dapat dianggap sebagai kumpulan subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam organisasi. Subsistem-subsistem yang umum adalah sebagai fungsi-fungsi utama suatu organisasi dalam pemasaran, produk, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi.
Struktur sistem informasi manajemen secara konseptual dan fisik. SIM dapat pula dipandang menurut konsep struktural yang memungkinkan pembahasan dan perancangan system fisik yang akan mendefinisikan cara pelaksanaan SIM.
- Penutup
Dengan diterapkannya SIM pada kegiatan sehari-hari manusia, kegiatan manusia tersebut dapat tersusun dengan baik dan meningkatkan pendapatan pada perussahaan atau organisasi yang Menggunakan Sistem Informasi tersebut.
Penulis yakin didalam tulisan ini masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis mengharapkan saran dari para pembaca sekalian, Terima kasih. . . .
- Referensi
No comments:
Post a Comment