Pages

Monday 27 September 2010

DEFINISI DAN FUNGSI SIM


- Pendahuluan
Disini akan dijelaskan apa itu SIM, bagaimana SIM itu digunakan.

- Tinjauan Pustaka
- Abdul Kadir, 2002.
- Kroenke, David, 1989.
- Mc Leod, 1995.
- Stoner, 1996.

- Pembahasan
SIM adalah Sistem Informasi yang digunakan untuk mengatur suatu manajemen dalam suatu organisasi dengan menggunakan komputer. Dengan SIM, seseorang dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. SIM merupakan pengembangan dan penggunaan system-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroeken, David, 1989).
Dengan SIM, suatu perusahaan atau organisasi dapat mengetahui informasi apa saja yang terjadi pada masa yang lalu, sekarang dan masa yang akan datang. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi tersebut dapat juga digunakan oleh pengelola maupun staff lainya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan suatu masalah (Mc Leod, 1995).
SIM terbentuk dari tiga kata, yaitu Sistem, Informasi, Manajemen. Yang dimaksud dengan Sistem adalah kumpulan dari beberapa elemen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, membentuk suatu kesatuan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Informasi, yang dimaksud Informasi adalah hasil dari pemrosesan elemen-elemen tersebut untuk lebih mudah dipahami, dan merupakan pengetahuan yang dibutuhkan oleh seseorang untuk menambah pemahamannya. Informasi dari setiap elemen berbeda satu dengan yang lainnya.
Sedangkan Manajemen adalah merupakan kegiatan atau proses yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk menetapkan tujuan, mengorganisasi, dan mengendalikan operasi untuk mencapai tujuan.
Fungsi-fungsi SIM adalah :

  • Mengumpulkan dan menyimpan semua data yang dilakukan oleh perusahaan.

  • Memproses semua data menjadi informasi yang lebih bermanfaat bagi manajemen.

  • Menyusun atau mengumpulkan data-data kedalam kelompok – kelompok yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

  • Mengawasi atau menjaga data suatu perusahaan atau organisasi.

  • Menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk manajemen untuk melakukan perencanaa, mengeksekusi dan mengontrol kegiatan perusahaan.

  • Penyaluran informasi kepada pengguna.

Sistem informasi juga dapa dikatakan sistem yang saling berhubungan dan terintegrasi satu dengan yang lain dan bekerja sesuai dengan fungsinya untuk mengatur masalah yang ada.
Sistem Informasi tidak harus melibatkan computer. Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis computer ( Computer Based Informartion System (CBIS)).
Sistem ini Menggunakan :
- Perangkat keras dan perangkat lunak computer
- Pedoman prosedur
- Model untuk analisa, perencanaan, pengawasaan, dan pengambilan keputusan. Dan
- Suatu DataBase
Secara konseptual, SIM bisa berjalan walaupun tanpa adanya computer, tetapi dengan adanya computer pada SIM dapat membuat SIM lebih fisibel. Pemakai SIM adalah Orang yang memasukan data, menginstruksikan sistem atau menggunakan output sebagai informasi dari suatu sistem.


- Penutup
Dengan Menggunakan SIM pada suatu perusahaan atau organisasi dapat mempermudah semua kegiatan yang dilakukan, dari menetapkan perencanaan sampai menjalankan kegiatannya.
Saran : Dalam penulis masih mempunyai banyak kekurangan pada tulisan ini, penulis mengharap saran dari para pembaca. Terima kasih . . .

- Referensi
1. Davis, Gordon B., Manajemen Information System., terjemahan oleh Drs.Bob Widyahartono, PT.Pustaka Binaman pressindo, 1984.
2. Murdick, Robert G., Management Information System, New Jersey, Prentice Hall Inc, 1980.
3. Scott, George M., Principles of Management Information System, terjemahan oleh Achmad Nashir Budiman, Edisi I, PT.Raja Grafindo Persada, Jakarta, 1997.
4. Senn, James A. , Information Systems in Management, Belmont, cal, 4 th edition, 1990.
5. Azhar Susanto. 2002. Sistem Informasi Manajemen: Konsep dan pengembangannya. Linga Jaya. Bandung.
6. Davis, Gordon B. dan Margarethe H. Olson. 1984. Management Information System: Conseptual Foundations, structure and Development. Second Edition. McGraw Hill Kogakusha. Tokyo
7. Jogiyanto HM. 2003. Sistem Teknologi Informasi. Andi. Yogyakarta
8. Jogiyanto Hm. 2003. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi kedua. Andi. Yogyakarta
9. Kroenke. 1989. Management Information System. McGraw-Hill
10. Scott, george M. 1986. Principles of Manaement Information System. McGraw-Hill

- Sumber

1 comment: